Nurlinayanti S.Pd

Nama : Nurlinayanti,S.Pd Alamat :Jl.Kencana Utama ,Kavling Arung Dalam Pekerjaan:PNS Guru ...

Selengkapnya
Kwalitas Iman di Bulan Ramadhan

Kwalitas Iman di Bulan Ramadhan

Melatih Anak Beribadah sejak Kecil

Bulan puasa Ramadhan telah tiba menjadi momen emas untuk mengajak anak beribadah. Salah satunya adalah ibadah puasa shalat tarawih. Selain membuat anak permata hati bunda belajar bersosialisasi, tarawih juga berguna untuk membiasakan anak berdisiplin dalam menjalankan ibadah. Rata-rata dan mayoritas anak-anak cenderung mengikuti kegiatan orang tua selama bulan Ramadan. Termasuk juga dengan ibadah puasa dan shalat tarawih, meskipun ada juga yang malas karena lebih suka main game, terlalu lama dan suasananya tidak begitu menyenangkan.

Mereka senang karena di masjid banyak teman sebayanya, bisa datang beramai-ramai. Apalagi terkadang ada juga orang tua yang memotivasi kepada anak-anaknya bagi siapa yang rajin di sepuluh Ramadan terakhir, akan diberi bonus uang untuk lebaran. Sebagai orang tua,kita sudah tentu akan merasa bahagia melihat putra-putrinya menjadi anak yang soleh dan soleha , giat menjalankan kegiatan ibadah selama bulan Ramadan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua anak dengan mudah diajak shalat tarawih. Dampak Positif Tarawih Tarawih ini bisa memberikan dampak positif pada perilaku anak. Dilihat dari usianya, tidak jarang si anak menjadi rewel, tidak mau diajak shalat tarawih ke masjid.

1. Anak mudah bersosialisasi dan beradabtasi.

2. Menanamkan nilai-nilai religius agar terbiasa dengan ibadah.

3. Anak menjadi suka beramal soleh.

Ajaklah anak Kita memasuki masjid kemudian ajari anak untuk berinfaq di kotak amal. Dari situ, anak-anak akan terbangun jiwa sosialisme untuk berbagi dengan sesama. Kemudian ajari anak untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat. Lama kelamaan anak akan terbiasa dengan hal demikian, juga dengan doa-doa sebelum dan sesudah shalat tarawih.

Biasanya dengan sendirinya anak akan hafal dan mengikuti bacaan imam. Siapkan Fisik Mengajari anak shalat tarawih di masjid,melatih anak mudah untuk melakukan sholat di beberapa usia. Lazimnya, mengajak anak ke masjid ketika berusia 5 tahun ke atas, maka akan lebih mudah dan tidak rewel. Berbeda bila usia di bawah itu, bisa jadi anak malah rewel,tidak bisa diam dan mengajak pulang. Kemudian, mengajari anak untuk shalat tarawih itu perlu persiapan fisik. Fisik anak haruslah benar-benar fit karena rakaatnya lumayan banyak dan mengurus tenaga si kecil. Pastikan saja bahwa anak Kita tidak dalam keadaan lapar dan tidak terlalu lelah.

Menghafal Niat Sebelum Anda mengajak anak terawih, rajin-rajinlah mengajarkan bagaimana bacaan niat shalat tarawih itu kepada anak.. Tujuannya selain tarawih, anak juga langsung paham doa apa saja yang dibaca selama tarawih berlangsung. Semakin sering Anda mengjari menghafal, semakin cepat pula anak kita akan mengerti dan paham. Sehingga anak kita akan bisa mengerti tentang doa-doanya.Belikan Perlengkapan Shalat tidak ada salahnya pula sebagai orang tua, membelikan perlengkapan shalat seperti mukena, sarung, sajadah, peci dan sebagainya. Paling tidak ini akan menjadikan anak bersemangat untuk beribadah. Tak hanya shalat tarawih saja tetapi juga tadarus.Seperti Magrib mengaji dan subuh berjama'ah.

Tingkatkan kwalitas iman di bulan Ramafhan.









DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Salah masuk fb,FB Nurlinayanti Idhan

25 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali